Wednesday, December 3, 2014

Gammu Wammu Servis berhenti mengirim sms pada outbox

Seperti yang kita ketahui Wammu merupakan aplikasi SMS Gateway yang gratis dan mudah digunakan. Sehingga banyak sekali sekarang ini user yang menggunakan Wammu sebagai service untuk melakukan SMS Gateway. Selain mudah dalam hal instalasi Wammu juga menyediakan aplikasi yang bisa di instal di berbagai Sistem Operasi (Windows,Linux,dll). Wammu sudah menyedikan database bawaan nya sehingga user hanya perlu menginstal dan memodifikasi database tersebut. Wammu menyeduiakan services yang akan meng-eksekusi pengiriman SMS dari tabel outbox, dari tabel outbox inilah nanti pesan akan dikirim. Service melakukan cek di tabel outbox, jika ada pesan pada tabel outbox maka pesan tersebut akan dikirim.
Dalam sebuah sistem SMS Gateway, ada kemungkinan terjadi transaksi pengiriman pesan yang dalam jumlah besar. Dalam keadaan seperti ini pesan yang akan dikirim masuk ke dalam tabel outbox sehingga akan terjadi penumpukan pesan pada tabel outbox. Pada saat terjadi proses transaksi pengiriman yang sangat banyak, Gammu terkadang akan menjadi error dan berhenti mengirimkan SMS. 
Gammu SMSD Service akan berhenti bekerja sehingga pesan akan semakin menumpuk, ini dikarenakan beban kerjanya sangat berat. Jika kita lihat pada Task Manager Penggunaan memori server atau PC SMS Gateway menjadi sangat tinggi, ini dikarenakan service Gammu menggunakan RAM sangat tinggi. Pada saar tejadi seperti ini dimungkinkan Server / PC SMS Gateway akan menjadi lambat. Seluruh pesan yang sudah masuk pada tabel outbox tidak akan terkirim dan semakin menumpuk.
Jika terjadi hal seperti ini, solusi yang harus dilakukan adalah melkukan restart pada servis gammu. langkah-langkah nya adalah sebagai berikut :


1. Buka "run" laku ketikkan "services.msc" kemudian klik "OK"













2. Selanjutnya akan terbuka windows services

















3. Cari servis Gammu SMSD services 

















4. Buka servis tersebut lalu restart atau stop lalu start

















Setelah di restart maka servis akan kembali normal dan penggunaan memori juga akan menurun. selanjutnya cek kembali apakah sms atau pesan pada tabel outbox sudah mulai terkirim atau belum. jika masih belum terkirim, cek pulsa anda!!

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Kalo muncul error : Windows could not start the Gammu SMSD Services (GammuSMSD) service on Local Computer. Error 27:The drive can not find the sector requested. Ada solusi?

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete